KONSUMSI

Pengertian Konsumsi:
Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan faedah suatu benda (barang dan jasa) dalam rangka pemenuhan kebutuhan.

Macam-macam barang yang dikonsumsi:
Barang konsumsi yang dapat dipakai berulang-ulang sehingga mengurangi nilai guna barang.
Barang konsumsi sekali pakai lalu habis.

Ciri-ciri dan Pembagian:
Benda-benda yang dikonsumsi adalah benda ekonomi atau benda yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan.
Benda yang dikonsumsi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Benda yang dikonsumsi akan habis atau berkurang nilainya secara berangsur-angsur sampai tidak dapat dgunakan lagi.

Manfaat dan Nilai Barang:
Manfaat atau guna (utility) barang adalah kemampuan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Nilai barang adalah ukuran yang diberikan oleh konsumen pada barang.

Penggolongan Nilai Barang terdiri atas:
1. Nilai Pakai (Value in Use)
a. Nilai pakai Subjektif
b. Nilai pakai Objektif
2. Nilai Tukar (Value in Exchange)
a. Nilai Tukar Subjektif
b. Nilai Tukar Objektif

Tujuan Kegiatan Konsumsi adalah konsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung

Teori Perilaku Konsumen
Teori perilaku konsumen disebut juga dengan teori nilai guna, pendekatannya yang dapat dibagi menjadi:
a. Pendekatan Kardinal
Pendekatan kardinal juga disebut sebagai pendekatan marginal utility.
Pada pembahasan pendekatan Kardinal terdapat Hukum Gossen I dan Hukum Gossen II, yang berbunyi:
Hukum Gossen I berbunyi:
“ Jika pemenuhan kebutuhan akan suatu jenis barang dilakukan secara terus- menerus, maka rasa nikmatnya bermula-mula akan tinggi, namun semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai titik jenuh.’
Hukum Gossen II berbunyi:
“Manusia akan berusaha memuaskan yang beraneka ragam sampai mencapai tingkat intensitas yang sama.”

Teori Kepuasan Konsumen
1. Nilai Guna Total
Nilai kepuasan secara keseluruhan yang didapat konsumen dari
mengkonsumsi suatu barang dan jasa.
2. Nilai Guna Marginal (kepuasan marjinal)
Tambahan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen dari setiap
tambahan barang atau jasa yang di konsumsinya.

Pendekatan Ordinal
Pendekatan ordinal digunakan karena pendekatan kardinal bersifat subjektif, maka pendekatan ordinal lebih memberi penekatan pada preferensi yaitu membuat peringkat (rangking) atau urutan-urutan kombinasi barang yang dikonsumsi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi:
Faktor Internal
1. Pendapatan
2. Motivasi
3. Sikap dan kepribadian (kebiasaan)
4. Selera konsumen

Faktor Eksternal
1. Kebudayaan
2. Adat Istiadat
3. Status sosial
` 4. Harga barang

PRODUKSI

Pengertian Produksi:
Produksi adalah kegiatan menambah nilai guna suatu barang atau menciptakan barang baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Kegiatan menambah nilai guna suatu barang dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang.
Kegiatan menambah nilai guna suatu barang tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa.

Tujuan kegiatan Produksi:
Adalah memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran

Faktor-faktor produksi:
Faktor produksi alam
Adalah kekayaan yang terdapat pada semesta alam raya yang dapat digunakan dalam proses produksi. Faktor produksi alam terdiri dari tanah, air, sinar matahari, udara dan barang tambang.
Faktor produksi tenaga kerja
Adalah faktor produksi insani yang secara langsung atau tidak menjalankan kegiatan produksi.
Faktor produksi modal
Adalah benda-benda hasil produksi yang digunakan untuk proses produksi barang dan jasa.
Faktor produksi keahlian
Adalah keahlian atau keterampilan seseorang dalam memanfaatkan atau mendayagunakan faktor produksi dalam rangka menghasilkan barang dan jasa.

PELAKU EKONOMI

Peran pelaku-pelaku ekonomi:
1. Rumah Tangga Keluarga/Konsumen (RTK)
Penyedia faktor produksi: tenaga kerja
Pemakai barang-barang konsumsi
2. Rumah Tangga Produksi/Perusahaan (RTP)
Sebagai Produsen: penyedia barang dan jasa
Sebagai Distributor: penyalur barang dan jasa
3. Rumah Tangga Negara (Pemerintah)
Membuat peraturan
Mengontrol, mengamati lalu lintas keuangan
Sebagai Penguasa
Sebagai Konsumen
Menghasilkan barang dan jasa (sebagai produsen)
4. Masyarakat Luar Negeri
Sebagai Konsumen
Sebagai Produsen
Sebagai Investor
Sebagai Tenaga Kerja Ahli

Latihan Soal!
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar dan jelas!
1. Jelaskan pengertian konsumsi dan produksi!
2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi!
3. Sebutkan dan jelaskan manfaat penggolongan nilai suatu barang!
4. Sebutkan bunyi Hukum Gossen I dan Gossen II! (Berikan Contohnya dalam lingkungan anda sendiri)
5. Sebutkan dan jelaskan para pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi!
6. Gambarkan dan jelaskan perbedaan Circular Flow Diagram 2 sektor, Circular Flow Diagram 3 sektor dan Circular Flow Diagram 4 sektor!

(Oleh:Aria Susman pada 10 Oktober 2009)